kecanduan gadget

Kemajuan teknologi adalah hal yang pasti terjadi, game pun pasti mengikutiĀ  jejak teknologi. Ini menjadikan bermain game merupakan hal yang umum. Apa lagi bila kamu punya waktu senggang untuk digunakan bermain game. Terutama ketika bermain game online bersama teman-teman, waktu bermain tidak akan terasa berjam-jam.

Banyaknya pilihan game onlineĀ  yang mampu memicu adiksi, membuat World Health Organization (WHO. Game online sudah ditetapkan termasuk salah satu kategori mental disorder.

Ya, ada sebab pasti ada akibatnya. Berikut ini, 6 akibat kecanduan gadget game yang sering terjadi pada gamer.

1. Kekurangan vitamin D

Gamers cenderung tipe orang yang suka berada di kamar, menyebabkan kekurangan vitamin D hal yang wajar terjadi. Padahal stimulan di vitamin D penting bagi tubuh.

2. Nyeri Otot

Dilansir dalam laporan British Medical Journal, tubuh dipaksa untuk berada dalam satu posisi dalam waktu lama tanpa peregangan, menyebabkan nyeri pada otot. Kenapa bisa terjadi? Karena otak di pacu adrenalin saat bermain game.

3. Masalah penglihatan

Ketika bermain game online dalam waktu yang lama, ternyata bisa menimbulkan kerusakan pada organ mata berupa penurunan penglihatan. Lantaran terkena radiasi yang berbahaya untuk mata.

4. Kurang tidur dan memicu Insomnia

Gamer rela untuk tidak istirahat hanya untuk bermain game online secara nonstop. Hal ini dapat memicu penyakit insomnia.

5. Perubahan bentuk tubuh

Kurangnya berolahraga bisa menjadi penyebab perubahan bentuk tubuh. Ada orang yang cenderung menjadi kurus kering akibat keseringan bermain game. Ada pula orang yang cenderung obesitas karena bermain game sembari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

6. Memicu sindrom quervain

Dengan bermain game online secara nonstop ternyata mampu memicu sindrom quervain. Dilansir dari laman WebMD, sindrom quervain merupakan kondisi dimana terjadi kelainan yang disebabkan oleh peradangan tendon. Kondisi tersebut bisa dipicu oleh gerakan tangan berulang seperti halnya saat bermain game online.

Penderita sindrom quervain ini biasanya akan mengalami rasa sakit dan kondisinya akan terus memburuk hingga tak bisa memutar pergelangan tangan jika tak segera diobati. Bahkan, kasus terburuknya yakni rasa sakit bisa menjalar hingga ke sekujur lengan.