Print Kain

Menggunakan pakaian maupun segala jenis yang berbahan kain dengan Memakai motif cetak saat ini sedang menjadi tren dan banyak digemari oleh masyarakat. Tidak heran jika permintaan konsumen untuk menggunakan kain motif yang dicetak juga semakin meningkat. Hal tersebut menjadikan banyak dari masyarakat yang mulai membuka usaha cetak kain menggunakan teknik print. Saat banyak masyarakat menawarkan beragam usaha print kain tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus.

Untuk itu sebelum melakukan cetak pada kain, sebaiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu hasil cetakan yang sudah jadi. Berikut cara yang tepat untuk memilihnya:

Terlebih Dahulu Untuk Melihat Mesin Printernya

Mesin printer merupakan hal utama yang harus ada untuk mencetak motif pada print kain. Hal itu tentunya tidak semua jenis mesin printer memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu usahakan terlebih dahulu menanyakan tentang printer yang akan digunakan nantinya.

Pastikan mesin printer tersebut dapat mencetak motif kain dengan kualitas yang baik. Sehingga hasilnya nanti tidak akan mengecewakan pelanggan. Biasanya jasa mencetak kain menggunakan mesin digital textile yang memang dikhususkan untuk mencetak kain, apabila tidak menemukan mesin tersebut lebih baik untuk mencari yang lainnya.

Menggunakan Tinta Yang Bagus

Tinta dalam proses print kain dapat mempengaruhi hasil dari cetakan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan terhadap jenis tinta yang akan digunakan nanti. Secara umum tinta yang dapat digunakan ada dua jenisnya. Yaitu tinta textile dan juga tinta latex. Masing-masing tinta ini punya kualitas yang bisa dibilang cukup bagus.

Untuk jenis tinta textile mampu menghasilkan warna yang lebih terang dan bagus digunakan pada semua jenis kain. Sedangkan untuk tinta dengan jenis latek cenderung memiliki yang lebih gelap dibandingkan dengan tinta textile, tinta ini biasanya digunakan untuk mencetak bahan yang lebih lentur seperti mencetak tas.

Coba Dengan Mencetak Menggunakan Kain Kecil

Setelah selesai melihat mesin printer dan tinta yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah cobalah untuk mencetak motif pada kain kecil sebagai percobaan. Hal tersebut berguna untuk mengecek seberapa bagus motif yang dapat dihasilkan. Apakah sesuai dengan gambar yang ada pada komputer atau tidak.

Pastikan hasil yang didapatkan nantinya tidak berbeda jauh dengan gambar asli yang ada pada komputer. Warna yang akan didapatkan juga perlu untuk diperhatikan, apakah warnanya  kurang tajam atau cenderung lebih gelap dari gambar aslinya.

Jangan Tergiur Dengan Harga Yang Murah

Karena banyak usaha yang membuka jasa mencetak kain menggunakan mesin printer. Tentunya harga yang ditawarkan juga beragam. Bahkan banyak yang menawarkan dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan standarnya. Sehingga banyak masyarakat yang tergoda dengan harga murah tersebut.

Padahal harga yang murah tidak menjamin kualitasnya. Karena biasanya harga yang jauh lebih murah memiliki kualitas yang tidak bagus, mulai dari warnanya yang tidak sesuai aslinya atau mudah sekali untuk luntur. Untuk itu jangan mudah tergoda dengan harga yang lebih murah. Lebih baik mencari harga print kain yang sedikit lebih mahal namun hasilnya memuaskan.

Penutup

Itulah ulasan untuk memilih print kain yang tepat agar mendapatkan hasil yang berkualitas. Memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang murah tentunya menjadi keinginan semua orang. Namun perlu dicek terlebih dahulu apakah cetak kain tersebut benar-benar memiliki kualitas yang bagus. Untuk mencari kain printing berkualitas dengan harga yang terjangkau Anda bisa membelinya di Fullprint.id.  Selain kain printing, pada marketplace ini anda juga terdapat pattern dan pola digital.