print masker

Print masker merupakan masker yang banyak kamu temukan dipakai di sekitarmu selain masker bedah. Apabila kita melihat efektifitasnya maka memang bisa menyaring partikel kecil hanya sampai kisaran 50% dan selebihnya partikel hingga virus Covid masih bisa mencapai pernapasan kita. Mengingat Covid-19 sudah tersebar di Indonesia sejak Maret tahun lalu. Dimana hal tersebut membuat masyarakat Indonesia harus bisa beradaptasi dengan kebutuhan baru yaitu mengikuti berbagai protokol kesehatan yang wajib. Yang mana demi menjaga diri sendiri dari paparan virus dan juga orang yang ada di sekitar kita.

Beberapa protokol kesehatan yang memang semua orang harus pahami sekarang ini adalah harus sering cuci tangan untuk memutus penularan Covid, kemudian tidak berdiri terlalu dekat satu sama lain atau jaga jarak 2 meter kurang lebih, harus selalu menggunakan masker. Selain itu kamu juga harus lebih banyak berdiam diri di rumah dan menghindari mobilitas serta keramaian. Tentunya semua itu mengharuskan kita untuk mengalihkan segala pekerjaan untuk lebih banyak di rumah. Namun bagaimana dengan mereka yang harus bekerja dan berada di luar, maka protokol kesehatan adalah hal yang wajib ditaati.

Dari awal tersebarnya Covid protokol kesehatan yang terus di gemakan adalah memakai masker apapu aktivitas kita. Yaitu wajib memakai masker di luar rumah dan di rumah bila perlu yaa. Hal tersebut merupakan aturan yang dikeluarkan oleh Centre Disease Control and Prevention dan World Health Organization demi menjaga kesehatan orang di seluruh dunia. Di awal mungkin kita hanya wajib mengenakan satu jenis masker saja, namun dengan adanya aturan baru demi menjaga kita dari persebaran virus kita harus memakai dua macam masker loh sekarang.

Nah kali ini kita akan mencoba meguraika kepada kamu apa sih yang menjadikan alasan kita harus memakai dobel masker. Yaitu dilapisan pertama memakai masker bedah kemudian lapisan kedua memakai print masker. Atau jika kita mempunyai masker bedah kamu harus memakai masker kain sejumlah 3 buah setiap keluar rumah.

Alasan Adanya Aturan Pakai Masker Dobel

Di awal persebaran Covid semua masyarakat merasakan betapa mahalnya harga masker bedah atau masker medis lain sehingga banyak orang yang akhirnya memilih print masker. Namun dengan harga masker bedah yang sekarang sudah normal tentunya mendukung aturan protokol kesehatan yang baru. Dimana seseorang yang hendak keluar rumah harus menggunakan masker secara dobel yaitu masker bedah dan print masker. Berikut ini ada beberapa alasan yang mengharuskan kamu untuk memakai masker bedah sekaligus print masker.

  • Efektifitas

Jika kita berbicara efektifitas maka ketika kita memakai masker dengan kualitas bahan yang bagus sudah cukup. Namun pernahkah kalian merasakan jika masker kualitas bagus sekalipun kadang tak sesuai dengan struktur wajh kita. Sehingga pemakaiannya menjadi tidak efektif dan fungsinya pun menjadi kurang maksimal karena tidak bisa melindungi sekitar area pernapasan kita dengan sempurna.

Nah apabila kamu menggunakan masker bedah kemudian melapisinya dengan print masker maka masker akan bisa pas membentuk wajahmu dan akan lebih bisa efektifkan fungsinya.

  • Persentase Filtrasi

Alasan kedua kenapa kamu harus memakai masker bedah sekaligus print masker adalah presentase filtrasinya jauh lebih besar yaitu 85,4%. Namun jika kamu hanya menggunakan masker medis maka hanya bisa menyaring 56,1% saja. Kemudian apabila kamu hanya menggunakan masker kain atau print kain maka partikel atau virus yang tersaring hanya 51,4%. Oleh karena itu untuk meningkatkannya kamu harus memakai dobel yaa dengan bergitu performa masker dalam menyaring udara bisa lebih sempurna.

Lalu jika kamu hanya menggunakan masker medis sejenis KN95 maka filtrasi udara yang kamu usahakan hanya mencapai 77% saja sehingga memang masker dobel sangat diperlukan yaa. Karena dengan begitu tidak ada celah bagi udara masuk tanpa melalui proses penyaringan terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa lebih menjaga diri dari berbagai kemungkinan yang ada di sekitarmu khususnya Covid.

  • Kencang & Erat

Pemakaian masker apapun itu harus kamu pastikan sangat erat dan kencang yaa. Meskipun kamu memakai masker dengan kualitas bahan yang bagus untuk memfilter udara namun kamu salah memakainya. Salah dalam artian masker tidak kencang dan erat, maka masker tersebut dinilai kurang efektif dalam melakukan fungsinya. Sehingga ada baiknya memang kamu ganti kebiasaan memakai masker dengan masker bedah kemudian ditambah print masker.

Nah itulah penjagaan yang harus kamu lakukan untuk dirimu terhadap Covid-19, selain itu tetap lakukan berbagai protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Kemudian kamu juga wajib yaa untuk membuat rumah dan lingkungan tetap dalam kondisi bersih agar kamu bisa memperoleh asupan oksigen yang berkualitas.