mobil bekas

Kamu butuh kendaraan roda empat alias mobil tapi terbatas pada duitnya? Mobil baru jika kamu beli sekarang ini bakalan sangat menguras kantong, kalau kamu sangat butuh kendaraan ini tidak ada salahnya membeli yang versi bekas. Tenang aja, mobil bekas sekarang sekarang ini gak kalah dengan versi terbarunya. Bahkan terkadang jika kamu pintar memilih kamu akan mendapatkan segala aspek mobilnya dalam kondisi prima. Ingat ya tujuan kamu beli mobil bukan untuk koleksi, melainkan memang kamu butuh untuk aktivitas sehari-harimu. Karena mobil bekas untuk koleksi pasti beda harga dengan mobil bekas untuk pemenuhan kebutuhan.

Jangan membayangkan kalau kamu membeli rongsokan yaa, dengan kejelian kamu dalam memilih kamu bisa dapatkan yang kualitasnya oke punya. Dengan harga yang lebih terjangkau, kamu akan berhasil menyimpan uang yang tersisa untuk kebutuhan primermu lainnya. Namun yang pasti memilih mobil apalagi mobil bekas jangan gegabah yaa.

Hal-Hal Ceroboh Dalam Memilih Mobil Bekas

Hindari kecerobohan kecerobahan berikut ini ketika kamu memutuskan membeli mobil second atau mobil bekas.

1. Terburu-Buru, Kurang Pilihan, dan Tidak Membandingkan

Pada jaman yang semakin mudah ini, kamu pastilah gak sulit mencari informasi. Apalagi kalau mau riset tentang mobil. Mobil bekas sangat rawan. Sehingga carilah informasi sebanyak mungkin, bandingkan terkait mesinnya, kemudian bodinya, interiornya, kilometernya, dan sebagainya melalui jaringan internet yang menampilkan situs situs mobil bekas ya salah satunya yang bisa kamu cek itu Blibli.com. Meskipun bukan peninjauan langsung, tetapi ini akan lebih membantu kamu dalam membuat pilihan. Sehingga ketika poin ini tidak kamu lakukan, kamu pasti kekurangan informasi dan bia jadi akan mendapatkan kualitas mobil bekas yang gak sesuai harapan.

2. Tidak Tau Riwayat Calon Mobil Bekas

Kamu beli mobil bekas tetapi gak menggali riwayatnya? Sayang sekali padahal ini juga poin penting loh. Karena jika kamu tidak tau menau tentang riwayat mobil yang kamu beli, kamu akan terbebani di kemudian hari. Karena apa? Kamu tidak tau masalah yang dialami mobil ini, kenapa mobil ini di jual ke kamu, dan berbagai hal yang diketahui pemilik tetapi tidak di beritahukan ke kamu sebagai calon pemilik baru. Jika mobil di jual dengan harga yang sangat turun atau tidak sama dengan pasaran kamu patut curiga. Bisa jadi mesinnya rusaknya fatal, atau habis kecelakaan, terkena musibah alam, dan lain sebagainya. Jadi kamu wajib menanyakan riwayat mobil yaa, agar kamu tidak merugi.

3. Awam Soal Permesinan dan Tidak Tau Apa yang Harus Dicek

Keadaan mesin adalah poin utama yang juga memerlukan perhatian kamu. Lihat detail keadaan mesinnya kalau kamu mau beli mobil bekas. Jangan sampai mesinnya bobrok dan tidak layak pakai. Kalau kamu awam soal permesinan, jangan melakukan cek mobil sendiri. Kamu bisa membawa teman atau orang bengkel yang bisa kamu percaya pendapatnya untuk mendampingimu mengecek mesil mobil. Dengan adanya orang yang lebih paham maka harapannya segala kendala di mesin dan sekitarnya bisa terlihat dan terasakan serta jadi pertimbangan tambahan. Setelah mesinnya, kamu juga perlu loh tau soal riwayat servisnya sebagai bahan pertimbangan tambahan juga. Karena jika mobil bekas yang kamu beli tidak rajin servis, maka akan sangat merugikan kamu loh. Dari riwayat servis kamu juga bisa tau sparepart apa yang masih ori dan apa yang sudah mengalami pergantian.

4. Terlalu Cepat Memutuskan Padahal Mencoba Mobil Baru Sebentar

Segala pengecekan sudah dilakukan, nah kamu harus meminta dengan sopan untuk mencobanya. Saat mencoba jangan gegabah, kalau bisa bawalah mobil tersebut ke jalanan ramai dan agak jauh. Agar kamu bisa melihat performanya secara keseluruhan dari mulai performa di dalam hingga kondisi mesinnya dan knalpotnya. Memutuskan terlalu cepat gak baik, biar kamu dinilai banyak maunya yang penting kamu dapat kualitas yang oke punya

Kesimpulan

Terlalu cepat memutuskan untuk ambil sebuah mobil bekas bukanlah hal yang bagus. Kamu harus memastikan segala sesuatunya dalam keadaan baik. Karena kamu bukan sedang membeli mobil baru tapi kamu sedang memilih mobil bekas untuk menjadi kendaraan utama kamu. Kamu harus memastikan dari segala sisi baik itu surat, mesin, body, enak atau tidaknya saat dikendarai, dan berbagai hal detail lainnya terkait mobil. Jangan sungkan untuk meminta pendapat mereka yang lebih paham otomotif.